Menggunakan Teori & Psikologi Warna Untuk Marketing Di Media Sosial

Sesudah krisis moneter 97 dan bersamaan oleh proses reformasi negri kita yang berlangsung selama sepuluh 1 tahun ( ), dalam beberapa tahun terakhir terkait kita menyaksikan pergeseran warna promosi yg digelar para pemasar. Oleh karena seringkali perubahan sosial yg drastis, seperti kemajuan teknologi dan kontak, sosial dan redovisning, sering menimbulkan dampak sosial yang tidak kecil baik yang positif, maupun negatif. Perubahan ini bisa diterima oleh masyarakat selakuala, menurut, lambat, ataupun laju. Pemasaran sosial memiliki peran dalam menyajikan perubahan itu melalui metode difusi lalu adopsi. Bukan semata-mata bisnis yang bersandar pada pemasaran buat menarik perhatian kastamer, permasalahan sosial jua membutuhkannya. Tidak peduli seberapa bagus produk yang ditawarkan, kalau produk tersebut gak mampu membuat penduduk sadar bahwa mereka membutuhkannya, maka salahsatu produk dinyatakan gagal. Intinya, pemasaran tidak merupakan yang paling berarti, tapi perlu nyata untuk menunjang sukses.

Pemasaran yang berjaya adalah teknik dalam dapat memberikan kabar dan menarik ketertarikan target audiens melalui baik. Ditulis melalui bahasa yang mudah dipahami dan dengan men jelaskan berbagai konsep perilaku konsumen serta penerapannya dalam bidang pemasaran serta juga memberikan banyak contoh dan ilustrasi dengan kasus-kasus komunikasi pemasaran perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Setelah membaca buku ini, Anda diharapkan dapat memahami faktor-faktor psikologis dan sosial budaya konsumen seria pengaruhnya terhadap proses pengambilan keputusan konsumen tersebut. Buku ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa, peneliti, konsultan dan praktisi bisnis, eksekutif maupun pengambil keputusan di perusahaan, lembaga sosial dan swadaya masyarakat maupun lembaga pemerintah dan lembaga legislatif. Juga diperuntukkan bagi dosen yang mengasuh mata kuliah Perilaku Konsumen, Manajemen Pernasantm, Metode Riset Bisnis, Riset Pasar, Riset Konsumen, Pemasaran Sosial, Manajemen Promosi dan Periklanan, maupun Kornunikasi Bisnis dan Pemasaran. Social marketing atau pemasaran sosial selain diterapkan pada perusahaan komersial, juga bisa diterapkan oleh organisasi non permerintah dan organisasi pemerintah di dalam menjalankan program kegiatannya yang berhubungan dengan masyarakat. Tentu saja social marketing berperan penting hal ini karena dapat menganalisa ulah berdasarkan nilai-nilai dalam berlaku, memilih kelompok sasaran dan ulah yang perlu diubah serta “menjual” gagasan perubahan.

Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode survey dengan didukung data kuantitatif lalu kualitatif. Dalam penelitian ini strategi kontak pemasaran sosial dalam diteliti adalah strategi komunikasi pemasaran sosial Kampanye Sustainable Seafood, WWF-Indonesia.

Strategi kontak pemasaran sosial ialah alat yang dimanfaatkan perusahaan untuk sampai pada tujuan perusahaan. Efektivitas strategi komunikasi marketing sosial dapat disimpulkan dari perubahan ulah sasaran kampanye merujuk pada aspek kognitif, afektif, dan konatif. Tujuan penelitian di sini. adalah menganalisis taktik komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan akibat WWF dalam melakukan kampanyenya dan menganalisis efektivitas komunikasi marketing sosial yang diaplikasikan oleh WWF pada menjalankan kampanyenya.

teori social marketing

A. Latar Belakang Komunikasi kesehatan masyarakat saat ini sudah mengalami perubahan yang sangat pesat dan mendasar dari strategi yang bersifat partial komunikasi kesehatan telah bergeser kepada strategi komprehensif berdasarkan hasil studi empiris. Komunikasi kesehatan saat ini juga telah memanfaatkan teknologi baru yang di modifikasi dengan komunikasi pembangunan. Analisis perilaku serta manejemen yang berorientasi pada pelanggan. Tujuan primer dari program kontak kesehatan adalah perubahan perilaku kesehatan di dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan. Dengan hadirnya interfensi komunikasi kesehatan juga di harapkan dapat menumbuhkan permintaan terhadap produk / pelayanan kesehatan yg di butuhkan misalnya keluarga berencana.

Dalam melakukan rangkaian proses komunikasi pemasaran sosial program bank sampah malang, Koperasi BSM mendapati adanya beberapa keterbatasan sarana dan prasarana, dana, serta kuantitas sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif yang berusaha mendeskripsikan tentang strategikomunikasi pemasaran sosial program bank sampah yang dilakukan Koperasi Bank Sampah Malang demi penyebarluasan inovasi baru ini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan menggunakan analisis ekonomi Islam. Strategi komunikasi pemasaran Najwa Wedding Organizer melalui media sosial dalam pandangan ekonomi Islam diukur dari sudut strategi komunikasi pemasaran yang baik dan menerapkan perilaku Islam dengan menjaga kredibilitas konsumennya. Rumah tangga adalah komponen utama penduduk yang menentukan taktik komunikasi. Persepsi lalu perilaku terhadap pengelolaan sampah serta mass media komunikasi yang akhirnya menjadi preferensi di fase rumah tangga penting diketahui secara intensif untuk mengetahui périphérie masyarakat dan taktik komunikasi yang bener.